Cara Mengatasi Fingerprint HP Samsung yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Fingerprint HP Samsung yang Tidak Berfungsi – Samsung merupakan salah satu brand smartphone paling populer di tanah air. Brand asal Korea Selatan ini sudah lama malang melintang di kancah smartphone dunia. Oleh karena itu kualitas produk-produk yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi.

Smartphone-smartphone besutan Samsung juga kerap dijadikan kiblat oleh brand-brand smartphone lainnya. Tak heran jika banyak smartphone yang punya desain mirip seperti smartphone buatan Samsung. Teknologi yang disematkan pada produk-produk smartphone Samsung juga sangat canggih dan kekinian.

Hampir semua smartphone kelas menengah ke atas dari Samsung sudah dibekali dengan fitur sensor sidik jari alias fingerprint. Namun tak sedikit pengguna HP Samsung yang mengeluh karena masalah yang kerap dialami oleh fitur tersebut. Nah, berikut solusi bagaimana cara mengatasi fingerprint Samsung yang tidak berfungsi.Cara Mengatasi Fingerprint HP Samsung yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Fingerprint HP Samsung yang Tidak Berfungsi

1. Reboot Smartphone

Jika sensor fingerprint di HP Samsung anda tidak bisa mendeteksi sidik jari atau tidak bisa merespon sama sekali, cobalah untuk mereboot atau merestart smartphone. Biasanya masalah tersebut terjadi karena ada crash pada sistem operasi. Dengan mereboot smartphone, sistem akan kembali bekerja dengan normal.

2. Clear Cache Fingerprint

Data fingerprint yang telah dipindai akan tersimpan di data dan cache aplikasi fingerprint. Jika masalah pemindaian mengalami error alias tidak mau mendeteksi, coba lakukan clear cache aplikasi fingerprint. Caranya bisa melalui menu Settings, lalu pilih Manajer Aplikasi, dan cari aplikasi fingerprint untuk diclear cachenya.

3. Hapus Data Fingerprint

Selain melakukan clear cache, ada baiknya anda juga melakukan clear data fingerprint. Dengan begitu sidik jari yang tersimpan di smartphone Samsung akan hilang. Caranya hampir sama seperti clear cache, hanya saja saat memilih menu pilih clear data, bukan clear cache. Setelah itu anda akan diminta mendaftarkan ulang sidik jari anda.

4. Kembali ke Pengaturan Awal

Jika ketiga cara yang telah disebutkan sebelumnya belum juga bisa mengatasi masalah error fingerprint di HP Samsung, langkah terakhir adalah mengembalikan ke pengaturan awal atau pabrik, alias melakukan factory reset. Sebelum melakukan langkah ini, backup dulu data-data penting yang anda miliki.

Bagaimana, cukup simpel bukan? Semoga beberapa langkah tadi dapat membantu anda mengatasi masasalah fingerprint HP Samsung yang rusak. Jika info mengenai cara mengatasi fingerprint HP Samsung tidak berfungsi ini bermanfaat, silahkan share ke saudara, teman, dan kerabat anda.

Tag

sensor sidik jari tidak merespon,cara memperbaiki sensor hp samsung,fingerprint samsung rusak,cara mengatasi fingerprint error samsung,cara mengatasi kesahan terjadi pada sensor samsung alpha,cara mengatasi fingerprint error samsung galaxy alpha,sensor sidik jari eror,cara mengatasi hp yang rusak karena sidik jari,cara mengatasi fingerprint error,cek sensor sidik jari samsung

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Fingerprint HP Samsung yang Tidak Berfungsi | Irfan Wahyu Permana | 4.5