Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Lag dan Macet

Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Lag dan Macet – Ternyata spesifikasi hardware yang tinggi tak sepenuhnya menjamin bahwa sebuah smartphone dapat bekerja dengan baik terus tanpa lag dan macet. Faktanya masih ada beberapa jenis smartphone yang di atas kertas punya spek superior, namun saat digunakan sering mengalami masalah.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa sebuah smartphone sering lag dan macet ketika digunakan. Masalah tersebut bisa terjadi pada hardware maupun software smartphone itu sendiri. Oleh sebab itu sebelum melakukan penanganan, sebaiknya cari tahu dulu apa yang menjadi penyebab smartphone anda mengalami penurunan performa. Malware atau virus juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Virus atau malware akan menyerang sistem smartphone sehingga menghambat kinerjanya. Selain itu hardware yang sudah lemah juga sangat berpotensi membuat smartphone menjadi lemot bin lelet. Apalagi saat digunakan untuk bermain game, pasti akan sering terjadi lag. Berikut beberapa langkah sederhana untuk mengatasinya.cara-mengatasi-smartphone-android-sering-lag-dan-macet

Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Lag

1. Clear Cache

Advertisement

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi smartphone Android yang sering lag atau macet. Anda bisa mempersihkan file sampah dan cache langsung melalui menu setting yang disediakan. Jika tidak, anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner dan lain-lain.

2. Hapus Aplikasi

Selanjutnya anda juga bisa menghapus beberapa aplikasi atau game yang sudah tidak terpakai sehingga kapasitas memori menjadi lebih lega dan tak membuat smartphone sering lag. Sekedar info saja, walaupun aplikasi tersebut tidak digunakan, namun ada beberapa yang tetap berjalan di background.

3. Gunakan Antivirus

Cara ketiga ini dilakukan untuk mengatasi smartphone Android yang sering lag atau macet akibat virus atau malware. Lakukan scan penuh untuk mengetahui apakah ada virus yang bersarang di smartphone anda. Jika ada, langsung bersihkan. Hati-hati, karena ada beberapa jenis antivirus yang malah bisa membuat kinerja smartphone melambat.

4. Gunakan App Seeder

Seeder adalah salah satu aplikasi Android yang dirancang khusus untuk membuat kinerja smartphone menjadi lebih ngebut. Masalah sering lag dan lemot pada smartphone akan teratasi secara instant dengan adanya aplikasi ini. Anda bisa mendapatkan aplikasi Seeder di Play Store.

5. Factory Reset

Lagkah terakhir yang bisa anda ambil untuk mengatasi smartphone Android yang sering lag dan macet adalah melakukan factory reset. Factory reset ini akan mengembalikan smartphone anda ke kondisi seperti awal anda beli. Jadi jangan lupa backup data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

Semoga info singkat mengenai cara mengatasi smartphone Android sering lag dan macet ini dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah serupa. Jangan lupa share info ini jika memang dirasa bermanfaat. Siapa tahu ada teman yang mengalami masalah serupa dengan anda.

Incoming search terms:

Cara mengatasi game lag pada smartphonecara mengatasi game macet di mediatekseting contras win 7
Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Lag dan Macet | Irfan Wahyu Permana | 4.5