Cara Mengetahui Berita Hoax atau Tidak

Cara Mengetahui Berita Hoax atau Tidak – Di era internet dan kebebasan berpendapat seperti saat ini, semua orang bisa dengan bebas membuat berita. Terlepas benar atau tidaknya berita tersebut, mereka bisa langsung mengunggahnya ke dunia maya dan dibaca oleh semua pengguna internet dari seluruh dunia.

Alhasil saat ini banyak berita-berita palsu yang kebenarannya sangat diragukan, atau istilah kerennya adalah berita hoax. Bagi pengguna internet yang sudah melek teknologi mungkin akan mudah mengenali sebuah berita itu asli atau hoax. Namun bagaimana dengan pengguna internet pemula?

Biasanya mereka akan sangat terkejut dan mudah terpancing dengan berita-berita yang bombastis. Tanpa pikir panjang mereka langsung share sehingga berita tersebut jadi viral. Tentu hal tersebut akan merugikan banyak orang jika memang berita tersebut adalah hoax. Nah, berikut beberapa tips cara mengetahui berita hoax atau tidak.Cara Mengetahui Berita Hoax atau Tidak1. Cek Domain dan Situs

Biasanya orang yang membuat berita hoax selalu memposting berita tersebut di blog, situs, atau sosial media. Jika berita tersebut diposting di sebuah situs, kenali domainnya. Biasanya berita hoax akan diposting di situs dengan domain yang tidak terpercaya, domain baru, atau bahkan domain gratisan. Namun anda harus jeli karena tak semua berita di domain gratisan adalah hoax.

2. Cek Keaslian Foto

Sebagai pemanis agar banyak orang yang percaya, biasanya berita hoax dilengkapi dengan foto-foto yang bombastis. Foto yang digunakan tentunya bukan foto asli, melainkan foto yang didapat dari internet. Untuk mengetahui keaslian foto, anda bisa cek melalui Google Images. Caranya tinggal drag foto yang ingin dicek ke https://images.google.com/.

3. Cari Info Tambahan

Saat anda mendapat berita baru yang bombasitis, jangan langsung percaya. Anda perlu melakukan crosscheck dengan mencari info tambahan dari sumber-sumber lain. Misal ada berita artis yang meninggal. Jangan percaya seketika. Cari dulu apakah ada sumber lain yang memposting info serupa atau hanya situs itu saja yang mempostingnya. Jika tidak ada, kemungkinan itu berita hoax.

Baca juga : Cara Install BBM di Samsung Z2

4. Jangan Ragu Untuk Lapor

Setelah anda menemukan berita hoax, jangan ragu untuk melaporkan berita tersebut. Situs sosial media seperti Facebook telah dilengkapi fitur untuk melaporkan info palsu atau berita hoax. Gunakan fitur tersebut dengan bijak agar tidak ada orang lain yang tertipu dengan berita hoax tadi. Dengan begitu berita hoax tidak akan menjadi viral dan salah paham.

Semoga info singkat mengenai cara mengetahui berita hoax atau tidak tadi dapat bermanfaat. Mulai sekarang jangan ragu untuk memberantas berita hoax yang banyak tersebar di dunia maya dan mengganggu kenyamanan pengguna internet. Jika info kali ini bermanfaat, silahkan dishare agar lebih banyak orang yang tahu dan mau ikut memberantas berita hoax.

Artikel Terkait

Cara Mengetahui Berita Hoax atau Tidak | Irfan Wahyu Permana | 4.5