Kegunaan & Fungsi Root Pada Smartphone Android

Kegunaan & Fungsi Root Pada Smartphone Android – Android adalah sistem operasi terbuka yang memiliki fitur serbaguna. Hal tersebut mungkin membuat Anda tidak lagi memikirkan untuk melakukan root pada smartphone yang Anda miliki. Namun begitu, tahukah Anda bahwa rooting pada ponsel pintar berbasis Android memiliki banyak sekali manfaat. Ingin tahu apa saja fungsi root pada smartphone Android? Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Membuka fitur tersembunyi dan membuat semua aplikasi kompatibel

Tidak semua aplikasi yang ada di Play Store dapat Anda unduh dan install ada perangkat Android yang Anda miliki. Beberapa diantaranya membutuhkan persetujuan atau permission dari sistem Android itu sendiri atau operator. Untuk itu, root hadir menjawab banyak keluhan para pengguna Android akan akses tersebut.

Advertisement

Salah satu contohnya adalah aplikasi video recorder. Aplikasi Android ini tidak bisa diinstall pada semua perangkat Android yang belum dirooting. Selain itu, ada pula aplikasi scanner yang sama-sama membutuhkan ijin untuk bisa diinstall pada perangkat Android.

Android juga memiliki fitur tersembunyi yang hanya bisa Kita aktifkan bila perangkat telah diroot. Misalnya yang paling banyak Kita jumpai adalah fitur Beats Audio dan zoom touchscreen.

Kegunaan & Fungsi Root Pada Smartphone Android

  1. Menghapus aplikasi bawaan

Ada banyak aplikasi bawaan yang sudah diinstall secara default oleh vendor. Hal tersebut tentunya membuat para pengguna tidak dapat bergerak bebas untuk melakukan manajemen aplikasi. Dari situ Kita akan tahu pentingnya melakukan root pada smartphone Android.

Dengan melakukan root, Anda dapat memanajemen aplikasi, baik bawaan maupun yang baru Anda install. Anda bisa menghapusnya dengan mudah. Memindahkannya ke memori SD untuk membuka ruang ROM dan akses-akses lainnya.

  1. Melakukan tweak tampilan dan fitur

Bagi sebagian orang, root Mereka gunakan untuk membuka semua fungsi dan kekuatan yang ada pada Android. Mulai dari merubah tata letak suatu aplikasi, seperti merubah letak keyboard, meningkatkan kinerja multitasking dan menambahkan tema. Selain itu, rooting juga bisa membuat Anda melakukan tweak hingga tingkat yang paling bawah dan biasanya dibantu oleh beberapa aplikasi mini.

  1. Flash cutom ROM dan kernel

Fungsi root pada smartphone Android selanjutnya adalah untuk memberikan akses lebih dalam melakukan kostum memori internal dan kernel. Karena Kita tahu, bahwa penggunaan ROM pada banyak perangkat Android benar-benar dibatasi oleh vendor. Bahkan pembagian memori yang dapat digunakan oleh pengguna terkadang cenderung sangat besar. Sebut saja memori ROM sebesar 16 GB yang hanya bisa dipakai sebesar 12 GB. Oleh sebab itu, root disini nantinya dapat membuat Anda menambahkan memori internal menggunakan kartu SD yang sudah diubah sebagian ke bentuk partisi.

Selain melakukan flash costum ROM, dengan root juga Anda bisa melakukan costum kernel. Costum kernel sendiri berhubungan dengan peningkatan kinerja baterai serta fungsi Wi-Fi sebagai tethering. Selain itu, Anda juga bisa melakukan costum terhadap baterai agar pengisian berlangsung lebih cepat.

  1. Melakukan back up aplikasi

Fungsi root pada smartphone Android selanjutnya adalah untuk memberikan akses back up aplikasi. Hal ini ditujukan untuk mempermudah Anda menggiring semua file atau data dari smartphone satu ke smartphone lainnya. Bahkan back up aplikasi tersebut dapat Anda lakukan secara otomatis.

Tag

kegunaan root,fungsi root,fungsi root android,fungsi Root Hp,kegunaan root android,kegunaan root hp,fungsi root pada smartphone,fungsi root pada android,apa kegunaan root,fungsi root smartphone

Artikel Terkait

Kegunaan & Fungsi Root Pada Smartphone Android | Balqish Annur Qaishah | 4.5