Penyebab Laptop Atau Komputer Jadi Lambat

Penyebab Laptop Atau Komputer Jadi Lambat – Mungkin tidak sedikit dari Kita yang sering berbincang mengenai laptop ataupun komputer. Sebagian dari perbincangan tersebut biasanya berhubungan dengan membeli perangkat baru dengan alasan kinerja yang sudah melambat. Kebanyakan dari Mereka menganggap bahwa penyebab lambat hanya dikarenakan spesifikasi yang sudah usang dan tidak lagi kompatibel dengan aplikasi saat ini. Namun begitu, ternyata masih banyak lagi penyebab laptop atau komputer jadi lambat dan beberapa diantaranya dapat Anda ketahui pada pembahasan berikut ini.

  1. Space yang penuh

Space atau ruang pada perangkat laptop atau komputer merupakan komponen penting. Ketika ruang kosong pada disk tidak lagi ada, maka pergerakan akan melambat. Hal ini akan semakin parah ketika pengguna membuka aplikasi yang membutuhkan ruang sangat besar, seperti aplikasi desain ataupun game dengan resolusi tinggi. Untuk mengatasinya, pengguna dapat menghapus file-file yang tidak dibutuhkan sehingga penggunaan disk space lebih efisien.

Advertisement

Penyebab Laptop Atau Komputer Jadi Lambat

  1. Update sistem

Biasanya bencana pada revisi terjadi pada Windows OS versi 7 ke bawah. Ketika Windows melakukan update secara otomatis setiap seminggu sekali, terkadang sistem pada komputer atau lapttop mengalami kerusakan. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan instalasi patch yang gagal ataupun tidak adanya lagi ruang pada hard drive untuk menyimpan update terbaru dari OS tersebut.

  1. Fragmentasi

Penyebab laptop atau komputer jadi lambat selanjutnya adalah karena terjadinya fragmentasi. Kejadian ini bisa dibilang menjadi kontributor utama yang membuat perangkat menjadi benar-benar lambat. Komponen yang diserang adalah disk, yang mana membuat sistem membaca dan menulis informasi dasar dari disk 10 kali lebih lambat dari biasanya. Meskipun Microsoft sudah menerapkan defragmentasi pada sistem Vista dan 7, namun tetap saja bug sulit untuk diatasi. Sedangkan untuk Windows XP membutuhkan defragmentasi secara manual.

  1. Internet cache

Ketika Anda melakukan selancar di internet, sistem akan menyimpan semua histori dari setiap situs yang Anda masuki. Histori tersebut biasa disebut dengan nama cache. Ada banyak kategorinya dan semua itu disimpan pada hard drive. Ketika cache terlalu berlebihan, maka laptop atau komputer akan melambat. Bukan hanya itu, akses internet pun juga akan melambat. Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu menghapus cache tersebut dari pengaturan browser.

  1. Program start up

Ketika Anda menghidupkan laptop atau komputer, ada beberapa program yang secara otomatis aktif. Kejadian tersebutlah yang disebut dengan start up program dan biasanya muncul sebagai ikon di pojok kanan bawah. Terkadang program-program tersebut penting bagi pengguna, namun ketika terlalu banyak, maka dapat memperlambat waktu booting. Bahkan dalam beberapa keadaan, muncul bentrok antar program, sehingga setiap aplikasi yang Anda jalankan akan lebih lama diproses. Oleh sebab itu, hapuslah program yang tidak terlalu penting pada start up.

  1. Virus

Penyebab laptop atau komputer jadi lambat yang terakhir adalah karena munculnya malware ataupun virus. Tentu malware ini banyak macam, gejala dan dampaknya. Semakin cerdas malware tersebut, maka semakin besar dampaknya terhadap sistem dari perangkat dan sebagian besar dari program jahat tersebut biasanya menyebabkan melambatnya performa.

Demikian beberapa penyebab komputer jadi lambat. Semoga bermanfaat.

Tag

komputer jadi lambat

Artikel Terkait

Penyebab Laptop Atau Komputer Jadi Lambat | Balqish Annur Qaishah | 4.5