Perbandingan Prosesor Snapdragon, Exynos, dan MediaTek

Perbandingan Prosesor Snapdragon, Exynos, dan MediaTek – Perkembangan dunia smartphone di dunia terbilang sangat pesat. Saat ini sudah banyak bermunculan smartphone canggih dengan mengusung spesifikasi yang luar biasa tinggi. Bahkan di atas kertas ada yang mengungguli perangkat komputer atau notebook.

Jika diamati, smartphone utamanya yang berbasis Android saat ini banyak yang menggunakan prosesoe Snapdragon, MediaTek, maupun Exynos. Memang jenis prosesor tersebut adalah prosesor yang diperuntuhkan untuk perangkat mobile seperti smartphone ataupun tablet PC. Berbeda dibanding dengan perangkat komputer yang mayoritas menggunakan prosesor Intel atau AMD. Lantas apa perbedaan dari ketiga jenis prosesor tersebut?

Sebenarnya masing-masing prosesor, Snapdragon, MediaTek, ataupun Exynos punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun untuk menjawab rasa penasaran anda, kami akan mencoba mengulas sedikit perbedaan antara prosesor mobile device, yakni Snapdragon, MediaTek, dan juga Exynos.perbandingan-prosesor-snapdragon-exynos-dan-mediatek1. Snapdragon

Jenis prosesor ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi ternama yakni Qualcomm. Jenis prosesor ini banyak digunakan oleh smartphone Android masa kini, mulai dari yang level bawah, menengah, hingga level atas. Prosesor ini disukai produsen smartphone karena punya performa oke.

Advertisement

Secara garis besar, prosesor Snapdragon punya tiga kategori, yakni seri 400 yang diperuntuhkan untuk smartphone entry level, seri 600 untuk smartphone mid end, dan seri 800 untuk smartphone high end dan flagship. Saat ini varian tertinggi dari prosesor Snapdragon adalah seri 821.

2. Exynos

Berbeda dibandingkan dengan prosesor Snapdragon yang sudah digunakan oleh banyak produsen smartphone mulai dari yang ecek-ecek hingga yang sudah mapan, Exynos justru masih sangat terbatas dan hanya digunakan oleh kalangan tertentu. Prosesor Eynos ini merupakan prosesor buatan Samsung.

Tak heran jika banyak smartphone Samsung yang menggunakan prosesor Exynos, termasuk seri smartphone flagship terbarunya yakni Samsung Galaxy S7 dan Note 7. Untuk urusan performa, nampaknya prosesor Exynos ini tak jauh berbeda dibanding dengan Snapdragon. Akan tetapi pilihannya masih sangat terbatas.

3. MediaTek

Sama seperti Snapdragon, MediaTek juga termasuk salah satu jenis prosesor yang paling banyak digunakan oleh smartphone atau tablet di seluruh penjuru dunia. Serinya pun juga sangat banyak, mulai untuk smartphone entry level, mid end, hingga high end. Namun jika diamati, mayoritas smartphone murah selalu menggunakan jenis prosesor ini.

Ya, wajar saja karena prosesor MediaTek punya harga yang relatif lebih terjangkau dibanding dengan dua jenis prosesor sebelumnya. Jadi kebanyakan smartphone asal India dan China suka menggunakan prosesor ini. Karena harganya yang murah, performa dari prosesor MediaTek kurang bisa mengungguli Snapdragon maupun MediaTek.

Bagaimana, sudah paham kan perbedaan prosesor Snapdragon, MediaTek, dan Exynos? Semoga dengan adanya informasi tadi, anda bisa lebih cerdas dalam memilih smartphone atau tablet PC sesuai dengan kebutuhan. Jika menginginkan performa mantap, pilih Snapdragon atau Exynos. Namun jika budget terbatas, pilih MediaTek.

Incoming search terms:

alikasi edit foto terbagusapa perbezaan exynos mediatek snapdragonkekurangan kelebihan snapdragon exynos mediatekkeunggulan prosesor exynos dibanding mediatekperbandingan snpadragon dan mediatekperbedaan mediatek dan exynos 3745perbedaan prosesor intel snapdragon mediatek exynospilih snapdragon atau exynos
Perbandingan Prosesor Snapdragon, Exynos, dan MediaTek | Irfan Wahyu Permana | 4.5