Tutorial Cara Membuat Powerbank Sendiri di Rumah

Tutorial Cara Membuat Powerbank Sendiri di Rumah – Powerbank adalah sebuah baterai khusus yang berguna untuk menyimpan energi listrik sekaligus mengontrol aliran daya. Biasanya powerbank dibuat secara portabel sehingga mudah untuk dibawa dan digunakan. Saat ini powerbank banyak digunakan oleh para pengguna smartphone dan tablet untuk mengisi baterai perangkat Mereka. Selain itu, merek-merek powerbank juga sekarang sangatlah banyak. Namun begitu, banyaknya produk penyimpanan energi tersebut ternyata tidak berjalan cukup mulus. Banyak dari produk sejenis yang menyuguhkan penampung daya yang besar, namun ternyata memiliki kualitas yang buruk. Oleh karenanya, dibandingkan Anda membeli, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak pembahasan mengenai cara membuat powerbank sendiri di bawah ini.

Tutorial Cara Membuat Powerbank Sendiri di Rumah

Persiapan Cara Membuat Powerbank Sendiri

Ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan untuk membantu proses perakitan powerbank. Diantara peralatan tersebut adalah hampelas, gunting, solder, gergaji besi, cutter, solasi, selotip dan pingset. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat powerbank sendiri. Diantara bahan-bahan tersebut adalah baterai cel 18650 yang dapat diambil dari laptop bekas (sudah di refill) sebanyak 4 buah (minimal), saklar, 2 buah modul (charger baterai cell dan charger gadget), kaleng bekas dan kabel macam-macam warna untuk konektor.

Advertisement

Tutorial membuat Powerbank

  1. Buat sketsa skema, entah itu skema sederhana atau menggunakan simbol elektro. Pada pembahasan mengenai cara membuat powerbank sendiri kali ini, Kita akan memakai rangkaian pararel.
  1. Sambungkan 2 buah kabel (sebut saja hitam dan biru) ke 2 buah plat kaleng bekas menggunakan penjepit. Lanjutkan dengan memasang konektor tersebut ke bagian ujung-ujung baterai yang sebelumnya sudah dirakit menggunakan solasi ban. Pada tahap ini Anda bisa mengecek terlebih dahulu energi dari baterai pada konektor menggunakan voltmeter. Jika sudah, gulung kembali menggunakan perekat solasi ataupun selotip.
  1. Sambungkan kabel hitam dan biru ke modul charger baterai cell. Lalu siapkan 1 kabel hitam untuk menyambungkan modul charger baterai cell ke modul charger gadget. Selanjutnya siapkan 2 buah kabel hijau, lalu pasangkan ke saklar. Nantinya Anda pasangkan 1 kabel hijau untuk 1 modul. Jangan lupa untuk memperhatikan kutub positif dan negatifnya.
  1. Lakukan tes kembali menggunakan bantuan charger ponsel yang sudah tersambung ke stop kontak rumah Anda. Pasangkan charger tersebut ke modul charger baterai cell. Jika Anda membeli modul yang memiliki lampu led, maka nantinya lampu tersebut akan menyala jika energi sudah penuh.
  1. Selanjutnya lakukan tes untuk mentransfer energi listrik ke perangkan ponsel atau tablet Anda. Caranya dengan menggunakan konektor berupa kabel USB antara modul charger gadget dengan ponsel atau tablet Anda.

Jika cara membuat powerbank sendiri di atas sudah berhasil Anda lakukan, Anda hanya perlu membuat dudukan sesuai keinginan. Gunakan gunting, gergaji, hamplas dan peralatan lainnya untuk membuat kotak penyimpanan modul. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan toples berbentuk kotak, boneka bekas ataupun tas mini yang sudah tidak terpakai sebagai casingnya.

Incoming search terms:

cara membuat powerbank dari baterai hp bekascara membuat power bankcara membuat power bank menggunakan bateraicara membuat powerbank dari barang bekasmembuat powerbank dari charger bekasCara membuat powerbankcara buat power bankcara membuat powerbank sendiricara membuat power bank sederhanacara membuat powerbank dari baterai hp
Tutorial Cara Membuat Powerbank Sendiri di Rumah | Balqish Annur Qaishah | 4.5