Tutorial Cara Overclock Prosesor Smartphone Android

Tutorial Cara Overclock Prosesor Smartphone Android – Dewasa ini banyak sekali produsen smartphone yang menjual smartphone buatannya dengan harga yang sangat murah. Mayoritas smartphone murah tersebut didominasi oleh smartphone Android asal Tiongkok.

Ya, bahkan lebih dari 30 persen pangsa pasar smartphone di dunia sudah dikuasi oleh Tiongkok. Hal tersebut membuktikan bahwa minat smartphone masyarakat akan ponsel China kian meningkat, karena harganya murah dengan kualitas yang bersaing.

Namun masalahnya adalah, tak semua smartphone Android murah tersebut memilii performa yang bagus. Oleh sebab itu banyak penggunanya yang merasa kurang puas dan ingin meningkatkan kinerja smartphone miliknya sehingga lebih cepat dan handal.Tutorial Cara Overclock Prosesor Smartphone AndroidSalah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan overclock CPU atau prosesor. Overclock sendiri merupakan cara untuk meningkatkan frekuensi (clock) yang ada pada prosesor Android melampaui batas clock prosesor yang telah ditetapkan oleh pabrik.

Tujuan dari overclock ini tidak lain adalah memaksimalkan kinerja prosesor sehingga lebih cepat dan memproses data. Akan tetapi overclock dilakukan bukan dengan tanpa resiko. Sala satu resiko terbesarnya adalah prosesor akan overheat atau terbakar.

Jika prosesor terbakar, tentunya smartphone Android anda sudah tidak bisa digunakan lagi. Jadi sebaiknya anda berhati-hati jika ingin melakukan overclock pada HP Android. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untukk bisa mengoverclcok CPU Android.

Salah satunya adalah dengan menggunaan bantuan aplikasi khusus bernama SetCPU. Berikut ini adalah tutorial cara overclock smartphone Android menggunakan aplikasi SetCPU dengan mudah dan aman. Penasaran? Simak baik-baik ulasan dari monthlytech.com berikut ini.

  1. Pertama-tama pastikan HP atau smartphone Android anda sudah dalam keadaan root
  2. Setelah itu download dan install aplikasi SetCPU. Anda bisa mendownloadnya melalui Google Play Store
  3. Setelah selesai install, lanjut buka atau jalankan aplikasi SetCPU
  4. Saat setelah masuk ke halaman aplikasi SetCPU, anda akan dihadapkan pada dua pilihan menu, yakni “Continue Recommended” dan “Custom Setup Advance”. Sebaiknya pilih “Custom Setup Advance” agar kita bisa melakukan settingan sesuai dengan keinginan
  5. Setelah itu atur nilai frekwensi yang ada pada tampilan layar menjadi nilai maksimal
  6. Apabila sudah, pilih menu Profiles, dan centang enable Profile
  7. Setelah itu klik menu Add dan tekan tombol “+”
  8. Selanjutnya pilih mode yang ingin dioverclock, misal App
  9. Setelah memilih App, lanjut pilih aplikasi
  10. Ubah setting set the I/O scheduler menjadi cfq
  11. Apabila sudah, klik Next
  12. Proses overclock selesai dan rasakan perbedaan sebelum dan sesudah overclock

Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan cara tadi, anda bisa memaksimalkan kinerja smartphone Android anda. Bagi anda para gamers yang membutuhkan smartphone Android dengan performa tinggi bisa coba cara yang satu ini. Semoga informasi mengenai cara overclock HP Android tadi bermanfaat. Sampai jumpa.

Tag

cara overclock android,cara overclock prosesor android,cara overclock android tanpa root,cara overclock cpu android,overclock android,cara overlock android,cara overlock cpu android,cara overclock android tanpa aplikasi,Overclock CPU android,cara overclocking android

Artikel Terkait

Tutorial Cara Overclock Prosesor Smartphone Android | Irfan Wahyu Permana | 4.5